Cara Menghitung Jarak dari Petir

Hujan badai tengah mendekat, serta mendadak Anda lihat petir dibarengi dengan nada guntur yang memekakkan telinga. Suaranya terdengar dekat — begitu dekat. Mengkalkulasi jarak dari petir bisa memberi rasa aman pada Anda bila Anda ada ditempat yang aman, atau bisa menolong Anda ketahui bila Anda mesti mencari jalur yang aman sesegera mungkin saja. Jadi, seberapa dekatkah Anda dengan sambaran petir? Bacalah untuk ketahuinya.

Mengkalkulasi Jarak dari Petir

Kalkulasilah jumlah detik sampai Anda mendengar guntur. Bila Anda mempunyai arloji digital atau analog, awalilah mengkalkulasi selekasnya sesudah Anda lihat petir serta berhentilah selekasnya sesudah Anda mendengar guntur. Bila Anda tidak mempunyai arloji, kerjakan yang paling baik untuk mengkalkulasi detiknya dengan pas. Katakan ” satu detik, dua detik,… ” di kepala Anda waktu Anda mengkalkulasi.
Gambar berjudul CalculateLighting Step 3

Kalkulasilah jarak dari petir dalam unit mil atau km.. Bunyi merambat sejauh satu mil (1, 6 km) tiap-tiap lima detik serta satu km. tiap-tiap tiga detik. Dengan hal tersebut, bila Anda menginginkan ketahui seberapa jauh Anda dari petir, bagilah jumlah detiknya dengan 5 bila Anda menginginkan jawabannya dalam unit mil serta bagilah dengan 3 bila Anda menginginkan jawabannya dalam unit km.. Selisih saat waktu Anda lihat petir serta waktu Anda mendengar guntur berlangsung karna bunyi merambat tambah lebih lambat dari sinar. Berikut yang Anda kerjakan : 1

Umpamanya Anda mengkalkulasi 18 detik. Untuk mencari jarak Anda dari petir dalam mil, bagilah 18 dengan 5 untuk memperoleh 3, 6 mil. Untuk mencari jarak Anda dari petir dalam km., bagilah 18 dengan 3 untuk memperoleh 6 km..
Walau Anda tidak dapat memperoleh hasil yang betul-betul akurat karna cuaca mungkin saja mempunyai suhu serta kelembapan yang bermacam, yang juga akan sedikit merubah kelajuan bunyi, ini yaitu langkah yang baik untuk memprediksi seberapa jauh Anda dari petir.

Updated: March 16, 2018 — 1:39 am
Anne Blog © 2018 Frontier Theme